Jurgen Klopp Sukses Bikin Liverpool jadi Tim yang Komplet

Mantan gelandang Liverpool, Javier Mascherano melontarkan pujian terhadap Jurgen Klopp yang ia anggap sukses membuat The Res menjadi tim yang lengkap.

Mascherano pernah membela Liverpool pada Januari 2007 hingga Agustus 2010 silam. Mascherano pun sempat tampil di partai final Liga Champions bersama klub asal Merseyside tersebut.

Meski kala itu Liverpool disebut-sebut menjadi salah satu tim terkuat di Inggris, tapi nyatanya tak ada satu pun gelar yang mampir ke lemari trofi mereka selama diperkuat Mascherano.

Jurgen Klopp

Penilaian Javier Mascherano

Kini, Mascherano mengakui bahwa Liverpool telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak ia tinggalkan. Mascherano pun menyebut Klopp berperan besar di dalamnya.

“Tim yang terus mengejutkan saya dengan evolusi mereka adala Liverpool. Jelas bahwa Klopp telah merangkumnya dalam citra dan potret dia,” ujar Mascherano kepada Ole.

“10 tahun ke belakang, saya melihat bahwa kami bermain dengan tim Liverpool saat itu, sama sekali tak seperti yang saya lihat hari ini,” tambahnya.

Senang dengan Taktik Klopp

Lebih lanjut, Mascherano mengaku dirinya menyukai gaya bermain yang diusung Klopp di Liverpool, dengan mengutamakan pressing ketat hampir sepanjang pertandingan yang dikenal sebagai gegenpressing.

“Saya sudah mengikuti Klopp sejak dia melatih Dortmund, yang merupakan tim dengan gaya pressing mirip dengan apa yang dilakukan Liverpool hari ini tapi sekarang dia menambahkan cara untuk menyebar permainan, ketika sebelumnya lebih direct,” tutur Mascherano.

“Saya menyukai evolusi tersebut karena, pada akhirnya, hal tersebut berakhir dengan menjadi tim yang lebih komplet,” tukasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *