Juventus Berikan Tribut Khusus untuk Penampilan ke-648 Gianluigi Buffon

Pertandingan kontra Torino di pentas Serie A memiliki arti khusus bagi legenda hidup Juventus, Gianluigi Buffon. Ia memecahkan rekor dan menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah Serie A.

Buffon, berusia 42 tahun, sebenarnya pernah mengakhiri karirnya bersama Juventus. Tepatnya saat kontraknya di Turin berakhir di penghujung musim 2017/18. Setelahnya, Buffon memilih melanjutkan karirnya di Prancis bersama PSG.

Perpisahan itu tidak berlangsung lama. Pada awal musim 2019/20 ini, ia memutuskan kembali ke pelukan Si Nyonya Tua. Namun Buffon harus rela posisi serta No.1 satu Juventus menjadi milik Wojciech Szczesny.

Buffon bergabung dengan Juventus dalam misi khusus, yaitu memecahkan rekor penampilan terbanyak yang dipegang Paolo Maldini. Dan pada hari Sabtu (4/7/2020) kemarin, ia berhasil mengalahkan legenda AC Milan tersebut.

gianluigi buffon dengan Jersey 648UFFON

Tribut Juventus untuk Sang Legenda

Rekor 648 penampilan di pentas Serie A dibukukan Buffon kala Juventus bertemu dengan Torino di Allianz Stadium. Torehan itu jadi terasa semakin manis karena Bianconeri menang dengan skor telak 4-1.

Juventus punya cara tersendiri untuk memperingati hari bersejarah buat Buffon. Mereka mencantumkan tulisan 648UFFON di bagian lengan jersey pertama mereka untuk laga tersebut.

Perlu diketahui bahwa jumlah penampilan Buffon masih bisa bertambah lebih banyak. Pasalnya, Serie A musim 2019/20 masih menyisakan delapan pertandingan lagi.

Karir Panjang Gianluigi Buffon

Buffon menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Juventus. Namun perlu diketahui bahwa pria kelahiran Carrara, Italia tersebut memulai langkah perdananya di pentas sepak bola profesional bersama Parma.

Ia menjalani laga debutnya pada usia yang sangat muda, yakni 17 tahun dan langsung mencatatkan clean sheet kala Parma bertemu salah satu raksasa Italia, AC Milan.

Satu musim setelahnya, Buffon berhasil merebut tempat di tim utama. Ia mencatatkan 168 penampilan di ajang Serie A sebelum memutuskan pindah ke Juventus pada tahun 2001 dengan mahar 52 juta euro. Menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia selama bertahun-tahun.

Total 509 penampilan dicatatkan Buffon selama berseragam Juventus sampai akhirnya pindah ke PSG di tahun 2017. Lalu pada musim ini, Buffon menambah koleksi penampilannya sebanyak delapan kali.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *