Chelsea Bidik Roman Burki untuk Gantikan Kepa

Chelsea tidak puas dengan performa yang ditampilkan Kepa Arrizabalaga pada musim 2019/2020. Sebagai gantinya, The Blues disebut tengah membidik kiper Borussia Dortmund, Roman Burki.

Lini pertahanan Chelsea memang tidak bekerja dengan baik pada musim ini. Hingga pekan ke-29 Premier League, sudah ada 39 gol yang bersarang di gawang The Blues. Tentu ini bukan catatan bagus.

Di antara klub empat besar klasemen, catatan kebobolan Chelsea menjadi yang paling buruk. Bahkan, jumlah kebobolan Chelsea lebih buruk dari Crystal Palace yang berada di posisi ke-11 klasemen [32 gol].

Tidak semua gol terjadi karena kesalahan Kepa Arrizabalaga. Ada juga andil pemain lain secara kolektif. Namun, performa kiper asal Spanyol mendapat sorotan dan disebut akan dilepas.

Roman Burki

Roman Burki Sebagai Pengganti

Dikutip dari The Sun, Chelsea kini tengah mengidentifikasi kiper yang bisa menggantikan Kepa. Nama Manuel Neuer sempat masuk bidikan, tetapi dia memilih bertahan di Bayern Munchen.

Masih dari Bundesliga, kini Chelsea membidik Roman Burki. Penjaga gawang asal Swiss tersebut sudah bermain untuk Dortmund sejak 2015 lalu. Dia menjadi pilihan utama di Dortmund.

Tengah pekan ini, Roman Burki mendapat banyak kritik. Sebab, dia dianggap berada dalam posisi salah saat kebobolan gol Joshua Kimmich di laga Der Klassiker melawan Bayern Munchen.

“Saya tidak melihat Roman Burki keluar dari gawang tetapi saya mendapat instruksi sebelum laga bahwa dia berdiri sedikit di luar barisan. Jadi, saya melakukan itu dengan sedikit keberuntungan dan gol,” ucap Joshua Kimmich.

Statistik Roman Burki

Roman Burki, pada musim 2019/2020, telah memainkan 25 laga Bundesliga bersama Dortmund. Dari jumlah laga tersebut, gawang kiper 29 tahun telah kebobolan 33 gol. Roman Burki melakukan 10 kali cleansheet di Bundesliga.

Bagaimana dengan Kepa? Di Premier League, mantan kiper Athletic Bilbao tersebut memainkan 25 laga dan kebobolan 32 gol. Satu gol lebih sedikit dari Roman Burki. Namun, Kepa baru membuat enam cleansheet.

Di sisi lain, seperti dikutip dari Whoscored, Roman Burki punya satu catatan buruk. Roman Burki menjadi kiper dengan kesalahan berujung gol paling banyak di Bundesliga dalam tiga musim terakhir. Roman Burki membuat delapan kesalahan yang berujung gol.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *